Berita Terkini

WASPADAI BAHAYA MENGKONSUMSI AIR TEBU

Minuman dengan kandungan gula yang tinggi sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi bagi penderita penyakit diabetes, namun bukan berarti orang normal juga boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Menang benar bahwa pada air tebu memiliki banyak kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi pada saat yang bersamaan kandungan gula pada tebu ini juga sangat tinggi yang artinya sangat berbahaya jika dikonsumsi bagi orang yang memiliki penyakit diabetes atau orang yang sedang menjaga kadar gula darah.

Ternyata air tebu yang digunakan pada beberapa pengobatan tradisional dalam mengatasi berbagai penyakit ini seperti penyakit hati, ginjal dan penyakit lainnya. Jika ditelitihlebih jauh lagi meskipun air tebu memiliki indeks glikemik yang rendah namun beban glikemik didalamnya juga termasuk sangat tinggi. Jika indeks ini memgukur seberapa cepat minuman atau makanan yang memiliki dampak pada gula darah maka beban glikemik ini bisa mengukur jumlah total pada kenaikan gula darah. Hal ini artinya masih ada kemungkinan besar jika mengkonsumsi air tebu ini memiliki dampak pada gula darah bahkan beban glikemik ini dipercaya bisa memberikan gambaran yang lebih akurat bagaimana dampak mengkonsumsi air tebu terdapat kadar gula darah.

Tidak hanya orang normal yang sedang menjaga gila darah saja yang harus menghindari mengkonsumsi air tebu, bagi para penderita diabetes wajib menghindari mengkonsumsi air tebu dan sebaiknya untuk memilih jenis minuman lainnya yang lebih aman. Memang ada juga yang sudah mempercayai bahwa pada ekstrak tebu ini memiliki kandungan polifenol yang bisa membantu pankreas dalam memproduksi lebih banyak insulin, ini merupakan hormon yang dapat mengendalikan kadar gula seseorang. Meskipun demikian penelitian ini masih perlu penelitian lebih lanjut agar kebenarannya secara optimal.

Pada ekstrak air tebu terdapat sebanyak 70-75% adalah air sedangkan 10-15% adalah serat dan 13-15 kandungan gula dalam bentuk sukrosa, ini adalah jenis gula yang sering dan paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Pada air tebu juga memiliki sumber antioksidan berupa fenol dan flavonoid, kandungan inilah yang membuat orang percaya bahwa air tebu memiliki khasiat. Selain itu juga air tebu juga tidak melewati terlalu banyak proses pengolahannya seperti halnya dengan minuman lainnya yang ditambahkan pemanis buatan.