Berita Terkini

APAKAH AMAN MINUM AIR HUJAN?

Ketika kalian sedang kehujanan, pastinya air hujan terkadang tidak sengaja masuk ke dalam mulut pastinya. Meskipun air hujan ini tidak ditelan, kalian mungkin tetap akan merasa khawatir dan bertanya-tanya apakah meminum air hujan ini akan menimbulkan efek buruk atau baik untuk kesehatan?

Air hujan yang tidak layak dijadikan sebagai air minum ini kecuali sudah memanen dan juga mengolahnya agar bisa dikonsumsi dengan aman. Dari luar air hujan yang mungkin kelihatan tidak kotor, tapi faktnya banyak sekali kuman yang tidak kasat mata yang bersamaan pada air hujan tersebut.

Berikut terdapat bahaya pada air hujan karena :
1. Mengandung mikroba penyebab penyakit
Air hujan bisa saja terkontaminasi oleh kotoran hewan, daun dan juga serpihan dari serangga. Tidak hanya iyu, air hujan juga bisa saja mengandung berbagai jenis mikroba, meskipun pada jumlah mikroba pada air huja ini tergolong rendah dibandingkan dengan air pada permukaan yang tidak terlindungi seperti sungai dan danau kalian tetap harus selalu mewaspadainya.

2. Bisa terkontaminasi oleh logam berat
Resiko seseorang untuk terkena penyakit yang diakibatkan oleh meminum air hujan ini tergantung dari banyaknya faktor yang mempengaruhinya, salah satu faktornya adalah daerah tempat tinggal kalian. Salah satu contoh daerahnya yaitu di Kalimantan Barat, pada peningkatan populasi penduduknya dan juga pertumbuhan industri pada daerah tersebut memiliki dampak pada kualitas udara. Kondisi udara yang tercemar juga bisa membuat kandungan logam berat dan meningkatkan dalam air hujan.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, meminum air hujan itu sebenarnya sag-sah saja jika telah sudah diolah dan juga dipanen dengan baik dan benar. Praktik melakukan panen ini juga tentunya sudah dilakukan pada sejumlah negara terkhususnya di negara yang memiliki pendapatan rendah hingga menegah, jadi pastinya sudah aman.

Di Indonesia, melakukan panen air hujan ini masih banyak digaungkan karena selain kebutuhan air minum juga para ahli memiliki pendapat bahwa memanen air hujan ini bisa mengurangi resiko terjadinya banjir, dapat menurunkan terjadinya kekeringan dan juga meningkatkan kualitas lingkungan serta hidup masyarakat.

Untuk menurunkan resiko bahaya terkenanya penyakit akibat meminum air hujan ini, usahakan untuk selalu memperhatikan kebersihan dan juga cara memanennya. Jika kalian ragu, kalian juga bisa menggunakan air hujan hanya untuk keperluan lain misalnya untuk menyiram tanaman hias atau pun untuk mencuci barang lain.