Ajarkan Anak Untuk Berbagi Sejak Dia Masih Kecil Itu Penting
Berita Terkini

Ajarkan Anak Untuk Berbagi Sejak Dia Masih Kecil Itu Penting

Saat anak masih kecil, mulai pada saat dia balita, anda pasti akan memberikan apa pun untuknya. Memberikan perhatian, cinta, waktu, mainan, makanan dan semuanya yang bisa anda bisa berikan padanya, maka anda akan upayakan sebagai orang tua. Sehingga anak-anak akan sangat dekat dengan orang tuanya. Akan sangat bergantung pada orang tuanya. Dan itu adalah momen dimana adalah saat yang tepat dalam orang tua mengajarkan anak untuk berbagi.

Ajarkan Anak Untuk Berbagi Sejak Dia Masih Kecil Itu Penting

Apalagi untuk anak pertama. Dan tinggal di lingkungan yang sepi. Sepi dalam artian di rumah yang kesehariannya hanya akan bertemu dengan kedua orang tuanya. Jarang bertemu dengan orang lain. Atau bertemu dengan anak-anak yang seumuran dengannya. Sehingga dia akan terbiasa dengan menerima segala sesuatu dari orang tuanya full untuknya sendiri. Jadi terbiasa bermain sendiri. Memiliki mainan sendiri. Dan penting di saat ini orang tua mengajarkan anak untuk belajar berbagi.

Mulai dari belajar membagi mainan, belajar berbagi apa yang dia miliki. Belajar mengatakan terima kasih, apalagi semakin dia mulai tumbuh besar. Ajari anak untuk bisa membagi, dan saat menginginkan sesuatu, tanya, dan minta izin. Dan berterima kasih. Dan alangkah baiknya untuk orang tua sering membawa anak bermain di tempat bermain. Atau bertemu dengan anak-anak seumuran dengannya. Sehingga dia bisa belajar bersosialisasi, belajar bermain bersama. Belajar untuk berbagai mainan dengan yang lain. Belajar antri, belajar untuk gantian. Belajar bekerja sama. Sehingga dia nantinya di lingkungan dia bisa tumbuh menjadi anak yang baik dan mandiri.

Dan menghargai orang lain. Sehingga saat dia memiliki adik nanti, dia bisa menjaga adiknya, dia bisa menjadi kakak yang baik, dan bisa berbagi dengan adiknya. Dan tidak hanya kepada adiknya tetapi pada orang lain juga. Sehingga dia mudah di terima di lingkungan dan memiliki banyak teman. Itu akan meningkatkan inisiatif dan kreatif pada anak. Dan itu harus di ajarkan dari sedini mungkin. Jangan hanya fokus pada kepintaran anak dalam soal ilmu pengetahuan, tapi penting juga untuk memiliki sikap yang baik, yang bisa berbagi.

You may also like...